Pages

Nisa Peduli Lingkungan




  Oleh Firman Agung Setyo Aji

Matahari bersinar cerah menyambut datangnya pagi di hari Minggu. Saat itu Nisa sedang asyik menonton film kartun di televisi. “Nisa! Nisa!” panggil Ayah dari arah halaman rumah. “Apa, Yah?” tanya Nisa. “Siapa yang membuang sampah sembarangan di sini?” Ayah menunjuk sebuah bungkusan plastik makanan ringan. “Nisa, Yah,” kata Nisa mengaku. 

“Nisa, kita tidak boleh membuang sampah sembarangan. Akibatnya nanti bisa banjir,” jelas Ayah. “Iya, Yah. Lagian juga Nissa buang sampahnya enggak banyak kok,” kata Nisa sembari memungut sampah makanan ringan lalu membuangnya ke tempat sampah. 
“Nissa, walaupun sedikit, lama-lama akan menjadi bukit,” kata Ayah.  Lalu Nisa pun masuk kembali ke dalam rumah dan melanjutkan menonton film kartun. Lama-lama Nisa bosan, sehingga ia memindah channel televisi. Pandangannya terhenti ketika ia melihat siaran berita tentang banjir. Di situ reporter sedang berada di lokasi banjir. Banyak anak yang terserang penyakit. Harta benda mereka banyak yang hilang akibat terseret air banjir. 

Penyebabnya adalah penduduk yang tinggal di sana suka membuang sampah di sungai. Akibatnya pada saat musim hujan air sungai itu meluap. Kalau Nisa jadi mereka pasti sedih sekali. “Ayah!” kata Nisa sambil keluar rumah menemui Ayah yang sedang membersihkan selokan yang mampet. “Iya , nak,” kata Ayah. “Nisa mau membantu Ayah bersih-bersih boleh?” tanya Nisa penuh harap. “Boleh. Sekarang Nisa bantu Ayah membuang sampah yang ada di bawah pohon Mangga ya,” perintah Ayah. “Siap Yah!” kata Nisa penuh semangat.

 Tak lama kemudian, Ibu datang menghampiri Nisa dan Ayah yang sedang membersihkan selokan mampet serta sampah yang berserakan. “Ayah! Nisa! Ibu bawa pisang goreng sama es teh manis nih,” kata Ibu. “Wah asyik!“ kata Nisa semangat. “Paling enak kalau habis bersih-bersih makan pisang goreng dan minum es teh manis. Mantap!” timpal Ayah. Nisa dan Ibu tertawa mendengarnya. Kini Nisa sadar betapa pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Ia berjanji tidak akan mengulang kesalahan untuk yang kedua kalinya.






Firman Agung Setyo Aji
Berdomisili di  Gg. Widodo Dusun Tejomartani Desa Branti Raya RT. 019 RW. 007                                                                                                                    
Kec. Natar Kab. Lampung Selatan 35362
Email               : firmanagungsa1212@gmail.com

Majalahanakcerdas.com

Majalah Anak Cerdas,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar