Pages

Mimpi Besar Arisqa Rinaldi Terwujud dalam Usaha dan Doanya




Arisqa murid kelas 5 SDN 2 Kandang, Kecamatan Kleut Selatan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi pada ilmu pengetahuan, yaitu di bidang IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Setiap malam, dia selalu meluangkan waktunya untuk membaca buku-buku tentang sains, melakukan eksperimen sederhana dan bertanya kepada gurunya tentang berbagai fenomena alam yang menarik minatnya.


Keinginannya untuk memahami dunia di sekitarnya tidak pernah kandas dan mimpi terbesarnya adalah menjadi juara dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) di tingkat Kabupaten Aceh Selatan. Arisqa menyadari bahwa untuk mencapai mimpinya, dia harus bekerja keras dan berlatih dengan tekun. 


Dengan dukungan penuh dari orang tuanya yang selalu mengingatkannya di depan pintu gerbang sekolahnya, ayahnya berkata, “Nak teruslah berproses dan jangan lupa hormati gurumu”.  Dengan  bimbingan dari guru-guru di sekolahnya, Arisqa mempersiapkan diri dengan baik.


Setiap pagi sebelum berangkat sekolah, Arisqa selalu menyempatkan diri untuk tidak lupa membaca. Di sekolah, dia tidak segan untuk bertanya dan berdiskusi dengan teman-temannya. Bahkan, di hari libur pun, dia sering menghabiskan waktunya menonton youtube untuk mencari referensi tambahan. Guru-guru di sekolahnya sangat terkesan dengan semangat dan dedikasi Arisqa.


Saat hari kompetisi OSN tiba, Arisqa merasa sedikit gugup, namun tetap percaya diri. Dia tahu bahwa segala usaha dan kerja kerasnya akan membuahkan hasil. Bersama teman-temannya dari berbagai sekolah yang mengikuti kompetisi, Arisqa mengikuti serangkaian tes yang menguji pengetahuan dan pemahaman mereka tentang IPA.


Waktu yang dinantikan pun tiba, pengumuman pemenang OSN. Dengan degup jantung yang kencang, Arisqa melihat pengumuman. Nah, ketika akhirnya, ia membaca pengumuman surat keputusan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Balai Pengembangan Talenta Indonesia pada tanggal 8 Juni 2024 ia melihat nama Ariqsa Rinaldi SDN 2 Kandang sebagai juara dari Kabupaten Aceh Selatan. Ia merasa bahagia dan terharu. Tak terasa ia meneteskan air mata.


Arisqa merasa sangat bahagia dan bangga. Semua usaha dan proses yang ia lakukan selama ini terbayar. Saat dia membaca dan melihat namanya ada dalam surat keputusan itu, dia teringat akan semua usaha, waktu, dan dukungan yang telah dia terima. Arisqa menyadari bahwa ini bukan hanya tentang memenangkan sebuah kompetisi, tapi juga tentang bagaimana mimpi bisa terwujud dengan doa, kerja keras, semangat, dan tekad yang kuat.


Ia mennyadari bahwa kemenangan ini bukanlah akhir dari perjalanannya. Justru, ini adalah awal dari mimpi-mimpi besarnya yang lain. Dia berjanji pada dirinya sendiri untuk terus belajar, mengembangkan diri, dan suatu hari nanti, menjadi seorang dokter yang bisa memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan dunia.


Arisqa Rinaldi, juara OSN SDN 2 Kandang Bidang Studi IPA tingkat Kabupaten Aceh Selatan, kini berdiri sebagai inspirasi bagi teman-temannya dan anak-anak di desanya. Bahwa dengan mimpi, kerja keras, terus berproses dan tekad yang kuat, tidak ada yang tidak mungkin untuk dirai

Majalahanakcerdas.com

Majalah Anak Cerdas,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar