Pages

Sekolahku


 

Oleh : Syifa Rahmah

SD Negeri 2 Lembah Sabil, Aceh Barat Daya  (Abdya), Aceh


Aku Syifa Rahmah. Sekarang aku duduk di kelas 6 SD Negeri 2 Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya, provinsi Aceh. Aku merupakan seorang siswi yang cukup berprestasi di sekolahku. Nah pada kesempatan kali ini, aku ingin menceritakan tentang perjalanan aku dan kenangan sekolahku.


Enam tahun bersekolah di SD Negeri 2 Lembah Sabil ini, banyak hal baru yang telah aku dapatkan, mulai dari ilmu, guru-guru yang baik, lingkungan yang bersih, jajanan kantin yang enak, teman-teman yang random, ada yang baik hati seperti ibu peri, ada yang receh, suka cari keributan, suka iseng seperti nek lampir, bahkan ada pula yang menyebalkan. Banyak cerita yang telah kulalui di sekolah ini, tentu saja dengan kenangan yang manis, bahkan pahit sekalipun.


Namun aku percaya itu semua akan menjadi kenangan yang tak dapat terulang kembali. Aku seorang siswi yang aktif di sekolah dalam kegiatan apapun. Setiap ada lomba di tingkat sekolah, kecamatan, dan kabupten, Allahmdulillah aku selalu dipercayakan untuk mewakili sekolah. Ya meskipun kadang belum berhasil mendapatkan kesempatan untuk menang, tapi aku akan tetap semangat dan berusaha lagi untuk belajar agar bisa memenangi lombanya.  Aku yakin tidak ada usaha yang sia-sia. Kalaupun aku sudah berusaha semaksimal mungkin, tapi juga belum berhasil mungkin itu adalah kemenangan yang tertunda. Karena di kamus hidup seorang Syifa, tidak ada yang namanya kata kegagalan. Hanya ada kata belum. Nah kalau belum itu berarti akan, jadi teruslah fokus memperbaiki diri. 


Maksimalkan potensi yang aku miliki,  karena pasti akan ada harapan dari kata belum itu. Hari-hariku di sekolah sangat menyenangkan, bercanda bareng teman-teman, jajan ke kantin bersama teman-teman, ke toilet bersama-sama, kalau ada salah satu diantara kita yang permisi  ke toilet, pasti yang lain juga akan ikutan sekampung loh haha. 


Aku senang saling berbagi cerita dengan teman-teman. Nah karena sekolah aku sudah mulai menerapkan kurikulum

merdeka belajar. Salah satu dari program pembelajarannya berbentuk projek, yaitu dikenal dengan PS (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Jadi aku dan teman-temanku juga sering menyelesaikan projek seperti, memasak mic, membuat kue kembang goyang, membuat dipindai dengan CamScanner


Masakan khas daerah Aceh, membuat rendang jengkol, mendaur ulang sampah plastik, membuat kerajinan, dan menggambar pemandangan sawah, gunung, sungai, pantai, dan perumahan. Menurut aku dengan adanya projek yang seperti ini mampu menumbuhkan sikap kerja sama antar individu, meningkatkan kedisiplinan, juga meningkatkan kemampuan untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif.


Selain projek ada juga kegiatan pembiasaaan lainnya yang selalu dilaksanakan di pagi hari setiap hari yaitu, hari Senin biasanya upacara. Hari Selasa senam, hari Rabu membaca buku cerita yang ada di perpustakaan sckolah kemudian ceritakan kembali. Hal ini untuk meningkatkan literasi siswa di sekolah. Kalau hari Kamis hafalan juz 30. Hari Jumat membaca Yasin, dan hari Sabtu khusus seni budaya. Setiap siswa bebas menampilkan pertunjukan apa saja seperti pidato, puisi, pantun, bercerita, menyanyi, dan masih banyak lagi yang bisa ditampilkan di hari Sabtu.

Majalahanakcerdas.com

Majalah Anak Cerdas,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar