Pages

Ada Aplikasi e-tikbroh.yak Kegiatan Pengelolaan Sampah untuk Anak-Anak



Sahabat Popot dan Nyanyak yang kritis dan cerdas. Sore ini, Senin, 4 Maret 2024 ada berita yang menarik untuk kita ketahui dan simak. Apakah selama ini sahabat semua sudah bijak mengelola sampah? Kalau belum kita perlu belajar lebih banyak.


Ini ada informasi tentang e-tikbroh.yak. Sudah sering dengar tentang aplikasi itu? Nah, kalau belum Popot dan Nyanyak memberitahukan sahabat semua tentang aplikasi e-tikbroh.yak. Ini adalah sebuah aplikasi pengelolaan sampah inovatif yang dikembangkan oleh pendiri Rizanna Rosemary PhD. 


Hari ini Kak Rizanna Rosemary telah membuat acara menarik bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pengelolaan sampah di kalangan anak-anak sambil memperkenalkan fungsionalitas aplikasi tersebut. 


Acara yang bertajuk "Explore: Non-Organic Waste, Fun with e-tikbroh.yak" itu dilaksanakan di Desa Alue Naga Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Senin (4/3/2024).


Acaranya dimulai pukul 09.00 WIB di Bank Sampah e-tikbroh.yak yang terletak di Jln. Tengku Mud no. 4, desa Alue Naga Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. Menarik sekali acaranya, bukan?


Pendiri e-tikbroh.yak, Rizanna Rosemary mengatakan, acara ini memberikan hari penuh dengan kegiatan edukatif dan pengalaman belajar interaktif bagi anak-anak. Kadi peserta fokus pada pemilahan dan pengelolaan sampah non-organik yang tepat.  Selain itu, mereka juga berkesempatan terlibat dalam seluruh rangkaian kegiatan, menerima sesi informatif, dan melihat langsung proses pengumpulan dan pemilahan sampah.


"Saya percaya bahwa menanamkan kesadaran pengelolaan sampah sejak usia dini sangat penting dalam membentuk tanggung jawab lingkungan dan keberlanjutan," kata Kak Rizanna lagi.


Melalui kegiatan interaktif dan penuh keseruan seperti ini, tujuannya  untuk memberdayakan anak-anak dengan pengetahuan dan keterampilan menjadi pengelola lingkungan sejak dari rumah masing-masing.


Menariknya, agenda acara ini meliputi, sesi edukatif tentang pemilahan dan pengelolaan sampah. Agar lebih menyenangkan, ada permainan dan kegiatan interaktif, lpertunjukan boneka tangan, serta tur yang dipandu ke fasilitas pengumpulan dan pemilahan sampah.


Lebih seru lagi, ada pembagian souvenir, e-sertifikat dan camilan. ingat ya,  acara ini menandai awal dari serangkaian program edukatif yang ditujukan untuk sekolah-sekolah di seluruh Provinsi Aceh," ungkap Kak Rizanna.


Jadi, sukses dengan acara perdananya hari ini ke depannya, e-tikbroh.yak akan mengundang lebih banyak lagi sekolah, komunitas peduli lingkungan, orang tua, homeschooler dan masyarakat secara luas.


Nanti, mereka bisa ikut field trip ke fasilitas bank sampah e-tikbroh.yak dengan membawa serta anak-anak mereka. Sehingga generasi muda bisa mendapat pengetahuan dan pengalaman belajar langsung terkait  pengelolaan sampah dan bisa mempraktikkan pengelompokan sampah non-organik di rumah masing-masing," 


Untuk kita ketahui bahwa Kak Rizanna yang merangkap sebagai anggota aktif dari Aceh Australian Alumni (AAA), berkomitmen untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat.


Hebatnya, sebagian keuntungan yang dihasilkan dari acara ini akan disumbangkan untuk mendukung program AAA Care, yang bertujuan untuk memberikan bantuan kepada yang kurang beruntung, terutama selama bulan Ramadan yang akan segera datang.


"Explore: Non-Organic Waste, Fun with e-tikbroh.yak menjanjikan pengalaman yang memperkaya bagi anak-anak sekaligus para orang tua," cerita kak Rizanna lagi.


"Mari kita bekerja sama dalam menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan sehat untuk generasi mendatang," Jangan lupa ya, nantikan acara-acara seru lainnya dari e-tikbroh.yak.(*)


Majalahanakcerdas.com

Majalah Anak Cerdas,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar