Pages

Wisuda Tahfidz Quran di SDIT Muhammadiyah, Manggeng




Hari ini Sabtu 24 Pebruari 2024 SDIT Muhammadiyah Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya melaksanakan Wisuda Tahfidz Qur'an ke 3 di lokasi sekolah baru SDIT Muhammadiyah Manggeng yang berada di Desa Seunelop,  Manggeng Aceh Barat Daya. 

Berbeda dari tahun sebelumnya yang dilaksanakan di komplek Mesjid At Taqwa Manggeng yang juga merupakan lokasi gedung lama SDIT Muhammadiyah Manggeng. 

Pada wisuda tahfidz ke 3 ini, SDIT Muhammadiyah Manggeng mewisudakan 27 siswa yang telah menyelesaikan hafalan 1 juz  sampai 8 juz.  Sebanyak 14 siswa telah menyelesaikan hafalan 1 Juz, 7 siswa telah menghafal 2 Juz, 5 siswa telah menghafal 3 Juz, dan 1 diantaranya telah menyelesaikan hafalan 8 juz dengan predikat mumtaz yang bernama  Teuku Aufa Alfajri, siswa kelas 5 SDIT Muhammadiyah Manggeng. 

Semua siswa yang diwisudakan ini telah melakukan tasmi' bil gaib yang merupakan ujian hafalan yang dilaksanakan dari tanggal 17 Januari hingga 18 Februari 2024. 

Acara ini dihadiri oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Aceh Barat Daya, dalam sambutan yang disampaikan oleh wakil ketua PDM  Bidang Pendidikan Bapak Drs. Ridwan Adami, M.M Beliau menyampaikan rasa bangga atas pencapaian yang diraih oleh siswa SDIT Muhammadiyah Manggeng yang terus menunjukkan kualitasnya, meski baru berdiri beberapa tahun. Ia juga berharap agar SDIT Muhammadiyah Manggeng dapat terus melahirkan generasi-generasi penghafal Quran.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Manggeng, Bapak Mintareja S.Ag.,M.Ag yang ikut hadir dan memberikan sambutan. Dalam sambutannya juga mengungkapkan rasa bangganya akan adanya sekolah berkualitas seperti SDIT Muhammadiyah Manggeng di tengah masyarakat Manggeng saat ini. 

Acara yang berlangsung sejak pagi tersebut juga menampilkan tarian ranup lampuan dan rapai geleng dari sanggar seni SDIT Muhammadiyah Manggeng untuk menghibur tamu undangan. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan prosesi wisuda dengan penyerahan selempang, medali dan sertifikat kepada wisudawan/wisudawati serta penyerahan mahkota kepada orang tua wisudawan/wisudawati sebagai simbol hadiah kepada orang tua karna telah menyandang gelar hafiz quran.  Acara kemudian ditutup dengan makan siang bersama dengan para tamu undangan serta orang tua dan wali murid.  

Selain beberapa agenda yang dilaksanakan hari ini, dia harus sebelumnya tepatnya pada hari kamis 22 Pebruari 2024, telah diadakan lomba hafalan surah pendek dan mewarnai tingkat TK Se-Manggeng Raya yang mencakup TK di kecamatan Manggeng dan Lembah Sabil. 

Acara perlombaan tingkat TK tersebut sengaja dilaksanakan dalam rangka menyambut sekaligus memeriahkan acara Wisuda Tahfidz Quran ke 3 tahun 2024 ini.


(Kontributor: Ustazah Nadya Pebrianti, SE)

Majalahanakcerdas.com

Majalah Anak Cerdas,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar