Pages

Belajar Membuat Ikan Asin



Aceh Barat Daya - Majalahanakcerdas.com- Pada hari Sabtu 2 November 2023, Siswa SDIT Muhammadiyah Manggeng melaksanakan kegiatan Industrial Visit dengan mengunjungi Home Industri milik Alaidin Zaf (60 tahun) yang berlokasi di desa Pante Pirak, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya.


Home industri milik Bapak Alaidin ini merupakan usaha ikan asin rumahan yang dirintisnya sejak puluhan tahun yang lalu. Usaha ini menjadi mata pencaharian utamanya sekaligus menjadi mata pencaharian beberapa warga sekitar yang ikut bekerja dengannya. Pada mulanya usaha ini hanya memiliki 1 karyawan, namun kini usaha ini telah memiliki 10 karyawan. 


Proses pengolahan ikan asin ini dimulai dengan membersihkan ikan-ikan segar, kemudian ikan direndam dengan air garam selama 2 jam, selanjutnya ikan dijemur di bawah sinar matahari  hingga kering selama 1 hari atau lebih tergantung cuaca, baru kemudian ikan dapat dikemas dan siap untuk dipasarkan. Selain memiliki pasar di Kabupaten Aceh Barat Daya, ikan asin olahan milik Pak Alaidin ini juga dipasarkan ke seluruh wilayah Aceh hingga ke luar Provinsi Aceh seperti Medan dan Padang. 



Selain itu, beliau juga mengaku usaha yang dirintisnya sejak 40 tahun yang lalu ini memiliki omset yang lumayan besar. Setiap hari, produksi ikan asin milik Pak Alaidin ini dapat menghasilkan 1 ton ikan asin perharinya. Ikan-ikan segar yang akan diolahnya menjadi ikan asin ini, ia dapatkan langsung dari para nelayan di daerahnya tersebut. Selain ikan asin beliau juga menyediakan ikan segar, cumi-cumi hingga gurita.


Kehadiran siswa SDIT Muhammadiyah Manggeng disambut baik oleh Pak Alaidin dan para karyawannya. Para siswa diajak langsung menyaksikan tahap demi tahap pengolahan ikan asin dan ikut serta dalam proses penjemuran. Semua siswa yang ikut, merasa senang dapat menyaksikan langsung dan terlibat dalam proses pengolahan ikan asin tersebut. 


Melalui program industrial visit ini, siswa diajak untuk mengenal Home Industri dan mengasah kreatifitas siswa untuk dapat berwirausaha di usia muda.


Kontributor: Ustazah Nadya Febrianti

Majalahanakcerdas.com

Majalah Anak Cerdas,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar