Pages

Apa Yang Sahabat Tahu Tentang Eceng Gondok?




Adakah di antara sahabat Popot dan Nyanyak yang pernah mendengar, melihat atau tahu tentang eceng gondok?  Apakah eceng gondok itu? Di manakah kita bisa menjumpai eceng gondok? Apa manfaat eceng gondok? Adakah yang tahu? Kalau tahu, tolong ceritakan ya.


Barangkali banyak sahabat yang sudah tahu, juga tidak sedikit yang tidak tahu. Tidak masalah. Sekarang Popot dan Nyanyak ceritakan saja, biar semua tahu ya.


Nah, eceng gondok adalah sejenis tumbuhan air yang mengapung di atas air, seperti di rawa-rawa, sawah, waduk, atau sungai yang airnya tidak deras dan tenang/ Tumbuhan ini bisa tumbuh subur dan hingga menutupi permukaan rawa-rawa atau sungai tersebut, sehingga bisa mengganggu. Namun, eceng gondok bisa memberikan banyak manfaat bagi kita.


Ternyata, eceng gondok bisa diolah menjadi pakan. Sahabat semua tahu apa yang dikatakan pakan, bukan? Ya, makanan ternak. Jadi eceng gondok membantu peternak yang kreatif untuk menyediakan pakan ternak. Bukan hanya itu lo ya, eceng gondok juga sebagai pupuk.  Juga membuat biogas. Lalu, lebih hebat lagi, di tangan orang-orang, para pengrajin yang kreatif, eceng gondok bisa menjadi sumber rezeki yang menguntungkan. Eceng gondok menjadi berkah. Karena bisa menghasilkan uang dan menguntungkan.




Eceng gondok diolah menjadi bahan kerajinan yang sangat cantik, menarik, unik dan alami. Ada banyak produk yang dibuat dari bahan eceng gondok tersebut. Ada dalam bentuk parcel, nampan, tempat buah, stol, kursi, meja, kotak tisu dan lain-lain. Semakin kreatif pengrajinnya, semakin banyak yang unik-unik  dan menarik serta lumayan harganya.




Kalau sahabat Popot dan Nyanyak sempat berbelanja di POTRET Gallery yang lokasinya di jalan Profesor Ali Hasyimi, Pango Raya, Ule Kareng, Banda Aceh, di sana banyak sekali produk kerajinan dari bahan eceng gondok yang bisa dilihat dan dibeli. Sahabat Popot dan Nyanyak, bisa ke sana ketika ibu atau ayah berbelanja barang-barang lain  seperti souvenir pernikahan, kerajinan Jepara, alat tulis, mainan edukasi dan juga pakaian ibu dan anak. Penasaran, bukan? Ya silakan saja ke POTRET Gallery. Pasti terjawab rasa penasaran sahabat semua.


Majalahanakcerdas.com

Majalah Anak Cerdas,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar