Pages

BERBUAT BAIK KEPADA KEDUA ORANG TUA




Armielda Siregar

Berdomisili di Langsa, Aceh 

 

Ayah dan Ibu adalah orang tua yang telah melahirkan, membesarkan, menafkahi dan mendidik kita untuk menjadi anak yang shaleh dan shalehah. Di dalam Islam, seorang anak diwajibkan untuk berbuat baik kepada kedua orang tuanya, seperti dalam firman Allah SWT, “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. al-Isrâ’ [17]: 23)

Berperilaku baik terhadap orang tua disejajarkan dengan perintah untuk tidak menyembah selain Allah. Hal itu menunjukkan betapa pentingnya mencintai, menyayangi dan berbakti kepada orang yang telah dengan susah payah mengasuh dan merawat kita.  Jangan sampai orang tua kita merasa tersinggung apalagi sedih dengan perkataan dan perlakuan kita kepada mereka. Berkata “ah” saja tidak boleh, apalagi bila sampai mengucapkan kata-kata kasar dan membentak. 

Berbuat baik kepada kedua orang tua termasuk perbuatan yang harus dijunjung tinggi. Bahkan, di dalam hadisnya, Nabi Muhammad SAW menjelaskan: “Keridhaan Allah tergantung kepada keridhaan kedua orang tua dan murka Allah pun terletak pada murka kedua orang tua.” (HR. Hakim). Bayangkan saja, bila orang tua tidak ridha atau senang dan ikhlas dengan perlakuan kita terhadap mereka, maka Allah pun tidak akan ridha dan senang kepada kita. Bahkan, Allah menjadi murka. 

Seiring dengan berbuat baik dan berlaku lemah lembut kepada ayah dan ibu, pastikan juga kita mendoakan orang tua kita setiap hari, baik di dalam sholat ataupun kapan saja ketika mengingat mereka. Mendoakan orang tidak harus menunggu salah satu atau keduanya meninggal dunia. Ketika masih hidup pun, kita—sebagai anak—seharusnya mendoakan keduanya. 

Nabi Muhammad SAW berpesan untuk selalu mendoakan kedua orang tua kita bila kita ingin terus memperoleh rezeki dan berkah dari Allah SWT dalam kehidupan kita.  “Jika seorang hamba tidak lagi mendoakan orangtuanya maka rezekinya akan terputus.” (HR. Hakim dan Dailami). Tentu kita tidak ingin bila rezeki kita terputus, bukan? Karena itu, doakan orang tua selalu, dan berbuat baiklah kepada keduanya. Sebuah doa untuk orang tua yang dapat kita amalkan sehari-hari yaitu: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil”.

 

 

 

PROFIL PENULIS

Nama                       : Armielda Siregar (nama pena)

Majalahanakcerdas.com

Majalah Anak Cerdas,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar