Pages

Menulis Yuk!




 

Sahabat POPOT dan Nyanyak yang baik dan Cerdas. Apa kabar? Semoga sahabat semua dalam keadaan sehat wal afiat, selalu dalam lindungan Allah SWT. Sudah lama kita tidak bisa bersekolah seperti dahulu. Ya, sudah satu semester kita tidak belajar bersama di sekolah. Kita tidak belajar langsung bertatap muka dengan guru-guru kita. Kita juga sudah tidak bisa bersalaman dan juga tidak bisa cium tangan guru. Kita semua merasa rindu sekolah. Rindu pada teman-teman sebangku dan juga sekelas. 

 

Kita tidak diizinkan ke sekolah. Penyebabnya, karena wabah penyakit yang disebut virus Corona atau Covid 19 itu. Semua merasa takut terinfeksi virus Corona, karena virus ini mematikan. Buktinya, sudah sangat banyak orang yang terinfeksi dan bahkan meninggal dunia. Jadi, pantas kalau kita semua merasa takut atau khawatir. Kita pun harus betah di rumah, melakukan kegiatan di rumah, termasuk belajar. Kita sudah tidak bisa belajar di sekolah seperti dahulu. Semua kegiatan sudah harus di rumah. Jadi bosan, bukan?

 

Ya, memang bosan, apalagi belajar secara online, pasti sering merasa kesulitan, bukan?  Ya, kesulitan karena tidak bisa bertatap langsung dengan guru, tetapi kita mau bilang apa? Maka, saat ini, semua harus lebih baik belajar di rumah secara online (daring) dan offline (luring). Kita tidak boleh malas. Sebagai murid atau pelajar, kita saat ini harus belajar di rumah dengan sungguh-sungguh. Kedua orang tua kita pasti sangat senang, bila kita selalu rajin belajar di rumah. 

 

Apalagi kedua orang tua kita mau mendapingi kita belajar di rumah. Pasti sangat terbantu. Maka, kita harus rajin belajar di rumah yang didampingi oleh orang tua, ayah atau ibu. Jadi, kita harus patuh pada apa yang diperintahkan orang tua. Kita juga harus rajin membaca, karena kalau kita malas membaca, kita akan tidak punya pengetahuan. Jadi, banyak membaca, banyak tahu. Kalau  tidak membaca?  Kita tidak banyak tahu. Oleh sebab itu, kita memang harus banyak membaca. Lagi pula kalau kita banyak membaca, ada banyak ide atau gagasan yang kita punya. Kalau kita banyak ide atau gagasan, kita juga akan mudah menulis atau mengarang cerita.

 

Sahabat POPOT dan Nyanyak semua, suka menulis, bukan? Ya, pasti suka. Nah, POPOT dan Nyanyak mau mengajak sahabat semua untuk menulis atau mengarang cerita. Sahabat semua bisa menulis cerita tentang diri sendiri. Caranya, pada paragraf pertama sahabat semua bisa menceritakan tentang nama. Misalnya siapa namamu? Apa makna namamu. Siapa yang memberikan nama itu? Apakah kamu suka dengan nama itu? Mengapa?  Setalah menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, lanjutkan cerita dengan menjelaskan tentang kelahiran. Biasanya menceritakan di mana lahirnya? Kapan atau pada tanggal berapa dan sebagainya.

 

Untuk latihan pertama, tentu tidak perlu panjang-panjang dulu Tulis saja sebanyak dua paragraph dulu. Nanti kita lanjutkan lagi. Bagaimana? Ayo kita mulai menulis. Menulis itu gampang. Tidak percaya? Ayo coba sekarang

Majalahanakcerdas.com

Majalah Anak Cerdas,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar