Pages

Baju Baru Rayi


Oleh: Suci Sofia
Cipageran, Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat  



"Kamu sudah punya baju baru berapa, Yi?" tanya Hisyam.

"Aku belum beli," jawab Rayi singkat.

"Aku baru beli 2 pasang. Kemarin aku beli sama Mama di toko baju muslim dekat Masjid Agung," cerita Hisyam bangga.

Kriiinggg!!!

Suara bel sekolah tanda masuk kelas berbunyi nyaring. Rayi dan teman-temannya berhamburan menuju kelas bertuliskan angka dua.

Selama pelajaran Bahasa Indonesia berlangsung, Rayi lebih banyak melamun memikirkan baju baru untuk lebaran nanti. Dia bertanya-tanya dalam hati apakah ada baju baru untuknya lebaran kali ini. Sampai sekarang Ibu maupun Ayah belum mengajaknya membeli baju baru.

***

"Ibu, tadi di sekolah aku ditanya oleh Hisyam, sudah beli baju baru untuk lebaran atau belum," kata Rayi sambil cemberut.

"O, jadi anak salehnya Ibu ingin dibelikan baju baru, ya?" goda Ibu sambil mengusap kepala Rayi.

"Hisyam sudah punya 2 baju, Bu! Sedangkan aku satu saja belum punya," rengek Rayi.

"Rayi ingat sama Bu Sani? Tetangga sebelah rumah kita yang sedang mengalami musibah?" tanya Ibu.

Rayi mengangguk pelan sambil menatap ibunya. Dia teringat saat diajak Ibu dan Ayah menjenguk Bu Sani ke rumah sakit yang mengalami kecelakaan. Bu Sani memiliki dua anak. Satu seumuran Rayi, satu lagi masih berusia 2 tahun. Sedangkan suaminya sudah meninggal 2 tahun yang lalu.

"Nah, untuk saat ini uang lebaran Ibu pakai untuk membantu Bu Sani. Rasulullah mengajarkan kita untuk membantu sesama terutama orang yang dekat dengan kita. Rasulullah tidak pernah mengajarkan untuk memakai baju baru setiap lebaran. Beliau memerintahkan umatnya untuk memakai pakaian terbaik saat hendak melaksanakan salat Idul Fitri. Kalau Rayi masih punya baju bagus untuk salat, berarti Rayi masih bisa memakainya untuk salat Idul Fitri nanti," ujar Ibu sambil merangkul bahu Rayi.

"Begitu, ya, Bu," kata Rayi sambil berpikir.

"Iya, sayang. Membantu orang yang kesusahan jauh lebih baik daripada membeli baju baru untuk terlihat keren saat lebaran," tukas Ibu.

"Kalau begitu Rayi nanti pakai baju Rayi yang paling bagus buat salat Idul Fitri," kata Rayi sambil memeluk Ibu.

Majalahanakcerdas.com

Majalah Anak Cerdas,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar