Pages

Menara Big Ben, Inggris

Foto dok.Edupaint

Oleh Rosi Meilani
Berdomisili di Inggris

            Hampir setiap negara memiliki ikon atau landmark sebuah bangunan yang terkenal hingga ke manca negara. Contohnya saja, Indonesia terkenal akan Borobudurnya. Paris terkenal akan menara Eiffel-nya. Sedangkan Inggris terkenal akan Menara Big Ben-nya.
            Setiap wisatawan yang melancong ke Inggris, khususnya ke Kota London,  biasanya mereka menyempatkan diri mengunjungi Menara Big Ben ini. Katanya sih, berwisata ke London tanpa berpose dengan latar belakang Menara Big Ben rasanya kurang puas.
            Menara Big Ben sudah berdiri sejak tahun 1858. Wah, berarti umurnya lebih dari 150 tahun ya?  Yang pasti, sudah lebih dari satu abad setengah. 
            Di Menara yang berwarna merah bata (agak coklat tua) tersebut tersemat jam sebagai penanda waktu. Ya ... seperti Jam Gadang di Sumatra Barat. Begitulah. 
            Seberapa besar ukuran jam yang menyemat di menara tersebut. Coba adik-adik bayangkan! 
            Seperti kita ketahui, jam manual terdiri dari dua buah jarum. Yaitu jarum pendek untuk menunjuk jam dan jarum panjang untuk menunjuk menit.
            Nah, jarum pendek pada Big Ben ini sepanjang 2,7 meter. Sedangkan jarum panjangnya 4,3 meter. Terbayangkan betapa besarnya ukuran jam tersebut?
            Jamnya saja sudah besar, apalagi menaranya. Ingin tahu berapa meter tinggi menara ini? Tinggi Menara Big Ben ini 96,3 meter. Wah, nyaris 100 meter ya? 
            Itu sebabnya, jam ini bisa terlihat dari kejauhan. Apalagi Menara Big Ben ini memiliki empat sisi jam. Keempat jam ini menghadap sisi Timur, Barat, Utara, dan Selatan. Sehingga dari arah mana pun kita berpose, jam tersebut nampak jelas.
            Kalau suatu saat adik-adik melancong ke London, jangan lupa berpose dengan latar belakang Menara Big Ben ya ....

Majalahanakcerdas.com

Majalah Anak Cerdas,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar