Pages

Manfaat Buah dan Sayur Bagi Kesehatan Tubuh



Karya: Yayah Nur Asyani
Berdomisili di Tangerang

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, sebetulnya mudah lho. Salah satu caranya yaitu dengan rajin mengonsumsi buah dan sayur. Selain harganya murah dan mudah didapat, ternyata buah dan sayur itu banyak manfaatnya lho! Yukk kita intip manfaat buah dan sayur!

Buah dan sayur banyak mengandung serat dan zat gizi. Zat gizi yang terkandung di dalam buah dan sayur diantaranya yaitu vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Mengapa dikatakan penting? Karena apabila tubuh kita kekurangan vitamin dan mineral, akan menyebabkan daya tahan tubuh kita menjadi lemah, sehingga tubuh mudah terserang penyakit.

Vitamin pun banyak jenisnya. Setidaknya ada empat jenis vitamin yang banyak terdapat di dalam buah dan sayur, yaitu vitamin A, C, E dan K. Sekarang, mari kita cari tahu sumber dan manfaat dari vitamin-vitamin tersebut.

1. Vitamin A

Sumber: Vitamin A banyak terdapat di dalam sayuran yang berwarna hijau, seperti sawi dan bayam. Selain itu, sumber vitamin A juga banyak terdapat pada buah dan sayur yang berwarna kuning atau jingga, seperti: wortel, labu kuning, tomat dan pepaya.

Manfaat: Vitamin A diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan mata, kulit dan juga rambut.

Kekurangan Vitamin A: Apabila tubuh kita kekurangan vitamin A, maka dapat menyebabkan terganggunya kesehatan mata dan kulit.

2. Vitamin C

Sumber: Vitamin C banyak terdapat pada buah jeruk, jambu biji, sirsak, dan mangga.

Manfaat: Kita membutuhkan vitamin C dalam jumlah yang cukup banyak. Vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan, selain itu bermanfaat juga dalam menjaga kekebalan tubuh.

Kekurangan Vitamin C: Dapat menyebabkan sariawan, gusi berdarah, dan mudah terserang flu.



3. Vitamin E

Sumber: Sayuran jenis kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang tanah, dan kecambah. Juga terdapat di dalam buah alpukat.

Manfaat: Vitamin E bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Kekurangan Vitamin E: Dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, kering dan cepat keriput.

4. Vitamin K

Sumber: Seperti halnya vitamin A, sumber vitamin K juga berasal dari sayuran yang berwarna hijau, seperti bayam.

Manfaat: Vitamin K mempunyai pengaruh terhadap proses pembekuan darah.

Kekurangan Vitamin K: Dapat menyebabkan darah yang keluar akibat luka menjadi sukar membeku, sehingga lukanya menjadi sukar sembuh.

Wah... ternyata banyak sekali yaa manfaat buah dan sayuran. Rugi lho kalau kita tidak suka buah dan sayur. Mulai sekarang, kita coba yuk membiasakan diri mengonsumsi buah-buahan dan juga sayur-sayuran!

Majalahanakcerdas.com

Majalah Anak Cerdas,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar