Pages

Jerapah, Hewan Yang Tinggi Menjulang



Oleh Nia Apriliyah
Berdomisili di Dukuh Turi, Tegal, Jawa Tengah 

Jerapah adalah hewan darat tertinggi di dunia saat ini. Jerapah mempunyai nama latin, Giraffa Camelopardalis yang merupakan hewan mamalia atau melahirkan. Kalian bisa menebak, berapa tinggi dan berat badan jerapah? Tinggi jerapah mencapai 4 meter-6 meter dengan berat berkisar antara 500 kg-2000 kg! Waw! 

Sama halnya seperti manusia, jerapah betina juga lebih kecil ketimbang jerapah jantan. Pertama kali dilahirkan, anak jerapah sudah mempunyai corak berpola yang unik di tubuhnya. Tinggi bayi jerapah 2 meter. Wih... wih... wih... Bagaimana tidak tinggi, mereka berkembang lama di perut induknya selama 15 bulan. 

Selain tinggi, jerapah juga cepat dalam berlari. Matanya yang awas, lehernya yang tinggi, sangat berguna saat mencari makan dan menghindari predator mereka, singa, hyna, dan macan tutul. Jerapah juga unik, lho. Di bawah ekor mereka terdapat rambut lebat yang berguna untuk mengusir lalat. Juga tanduk kecil yang menyembul di kepala mereka yang disebut ossicones. Biarpun bukan hewan yang dilindungi, tapi jerapah juga perlu dijaga habitatnya. Kehadiran predator, manusia nakal dan perluasan lahan, yang menyebabkan berkurangnya populasi jerapah. 

Oh, ya. jerapah itu merupakan hewan endemik asli Afrika. Tapi.... tapi.. Biarpun tinggi menjulang seperti tiang. Tinggi jerapah tidak ada apa-apanya dengan tinggi dinosaurus. Menurut fosil yang ditemukan di Argentina, Argentinosaurus tingginya 35 m dengan berat 100 ton! Ih... Sereeeemmm.... Untung dino sudah punah. Hihi... 



Majalahanakcerdas.com

Majalah Anak Cerdas,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar