Pages

Mari Menjaga Kertas



Karya: Nadia Putri
SDN 5 Meuredu, Pidie Jaya, Aceh.


Kertas adalah sesuatu yang kita butuhkan. Buku-buku yang pernah kita baca itu semua terbuat dari kertas.  Buku kalian untuk menulis juga terbuat dari kertas. Apakah teman-teman tahu kertas itu dari mana? Ya kertas itu terbuat dari pohon. Bagaimana caranya?

Caranya pohon di hutan dipotong dan dibawa menggunakan truk. Saat sampai di pabrik, pohon-pohon itu dimasukkan ke mesin otomatis. Setelah masuk ke mesin otomatis akan jadilah kertas. Kertas dibungkus untuk dikirimkan ke daerah lainnya.

Sayangnya banyak orang yang tidak bertanggung jawab menebang pohon-pohon yang ada di hutan dengan berlebihan dan sewenang-wenang. Pohon juga bermanfaat untuk kita. Selain menghasilkan kertas, pohon juga menghasilkan oksigen untuk kita.  Jika pohon di hutan tidak ada lagi, maka akan terjadinya banjir, hutan gundul dan tempat-tempat tinggal hewan akan hilang. Maka hewan akan punah.

Ada juga penyebab banjir, yaitu menebang pohon sembarangan dan membuang sampah sembarangan. Ini adalah perilaku yang tidak baik dan tidak bersahabat dengan alam. Nah, marilah teman-teman kita menjaga pohon kalau pohon di hutan tidak ada lagi maka kertas tidak bisa dibuat lagi.

Majalahanakcerdas.com

Majalah Anak Cerdas,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar