Pages

Mengenal Negara Tirai Bambu



OlehRevita Syaharani
Kelas VI Imam Hambali, MIN Merduati, Banda Aceh



Teman-teman, sudah pernah dengar tentang Negara Tirai bambu? Mungkin juga di antara teman-teman yang sudah pernah jalan-jalan ke negeri tirai bamboo ini. Namun, kalau belum, tak perlu bersedih, kita bisa mengikuti cerita tentang negeri tirai bambu di majalah Anak Cerdas edisi 20 ini.

Nah, teman-teman.  Negeri Tirai bamboo adalah nama atau julukan dari Negara Cina, sebuah negera di Asia Timur yang mempunyai luas kurang lebih 9.598.036 km2. Cina merupakan Negara terbesar ketiga di dunia. Cina juga merupakan Negara nomor satu yang memiliki penduduk terbanyak. Tahukah berapa jumlah penduduk Cina? 

Jumlah penduduk cina tahun 2007 di perkirakan mencapai 1,319.000.000 jiwa atau 19,77% populasi dunia. Sekarang? Hmm, sekarang pasti meningkat lagi. Ya sudah 1.367.485.388 jiwa. Banyak sekali bukan? Ya, pastilah. Sebab Cina berada pada posisi pertama dalam hal jumlah penduduk. Wajar saja, kalau Cina ada di mana-mana, benar bukan?

Ingat ya, kalau teman-teman ingin jalan-jalan ke Cina, jangan lupa pelajari tentang iklim. Kalau lupa, bisa jadi masalah besar. Cina memiliki iklim subtropis, tropis dan iklim musim. Daerah beriklim subtropics adalah Cina bagian utara. Di daerah bagian selatan, beriklim tropis dan di daerah pantai beriklim musim. Unik bukan?

Dengan jumlah penduduknya yang terbesar di dunia itu, apakah mata pencaharian masyarakat Cina? Ternyata, pertanian merupakan mata pencarian utama di Cina. Cina merupakan Negara peternak ulat sutra dan penghasil  bahan baku sutera terbaik di dunia. Wow, jadi ingin jalan-jalan ke Cina ni.

Lalu, tahukah teman-teman, kalau Cina itu bukan sebuah Negara kerajaan. Bukan, Cina memang bukan Negara kerajaan, negara Republik.  Buktinya, kepala negaranya seorang Presiden. Kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Betul kan?

Apakah teman-teman tahu apa ibu kota Cina? Beijing , itulah nama ibu kota Cina. Orang Cina, menggunakan  Bahasa Mandarin sebagai bahasa resmi mereka. Jadi, jangan malas belajar Bahasa Mandarin ya. Tetapi kalau nanti mau berbelanja di Cina, jangan lupa pula bahwa mata uang Cina, bukan dolar, tetapi Yuan.

Kalau di Indonesia, kita punya lagu kebangsaan Indonesia Raya, maka di Cina, lagu Kebangsaannya  adalah The March Of The Volunteers. Ada lagi yang perlu diketahui tentang Cina. Cina memiliki dua pegunungan, yaitu penggunungan Kwan lund dan pegunungan Himalaya. Di Cina Juga terdapat beberapa sungai besar yaitu, sungai Hwang Ho, Sungai Yangtze dan sungai si kiang. Selain itu, di Cina juga terdapat sebuah tembok raksasa yang panjangnya 6.400 km2. Tembok raksasa di Cina termasuk dalam salah satu keajaiban  dunia.Hmm, rupanya Cina memang Negara yang menarik untuk kita kunjungi

Majalahanakcerdas.com

Majalah Anak Cerdas,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar