Pages

Pubertas

 



Oleh PUTROE ALIFA HUMAIRA


  Horee.. Aku remaja yang mengalami masa pubertas dengan gembira. Halo semua… Namaku CITRA ,aku siswi kelas 6 di salah satu MIN (sederajat dengan SD) di Banda Aceh. Awalnya aku merasa malu menuliskan pengalamanku ketika memasuki masa pubertas ,tapi aku berfikir tidak ada salahnya berbagi pengalamanku kepada kalian, agar teman-teman tidak khawatir dan siap menghadapi masa pubertas dengan gembira.


Sama seperti aku , pasti kalian sering dengar ketika orang tua kita atau sekeliling kita berkata “maklum ajalah namanya saja anak lagi puber” atau kalau lagi puber memang suka ngelawan nih anak-anak?”

Aduh , kesel gak sih dengarnya. Pasti tidak cuma aku ,kalian pasti juga pernah ngalamin diomongkan atau dengar perkataan-perkataan . Seperti tadi ,meski sering kita dengar , tapi tidak  banyak loh remaja  seperti kita tahu artinya puber. 


Pubertas adalah masa peralihan yang akan dialami oleh anak-anak , baik anak perempuan maupun anak laki-laki untuk menjadi dewasa secara seksual .


Setiap anak akan mengalami masa pubertasnya di usia berbeda-beda. Ada yang memasuki masa pubertasnya lebih awal. Dan ada juga yang belum memasuki masa pubertasnya. Tapi tenang saja, tak usah panik dan takut , tidak  ada yang aneh dengan kalian kan? Itu normal-normal saja.


Ketika memasuki masa pubertas , banyak sekali perubahan yang terjadi pada diri kita , baik perubahan fisik , emosi dan social . Perubahan yang terjadi pada perempuan ya.


Awalnya , pada saat aku kelas 5 MIN atau sekitar umur 10 tahun aku sempat merasa gatal di bagian payudara , aku juga merasa kalau payudaraku mulai membesar . Dan saat itu ibuku bilang kalau aku harus mulai pakai miniset (bra remaja ) agar pertumbuhan payudaraku bisa tambah baik. Ih, awalnya aku menolak karena membayangkan kalau pakai miniset pasti tidak nyaman dan panas . Tapi demi untuk kebaikan aku sendiri akhirnya mau tidak mau, aku harus memakainya dan harus mulai membiasakan . Dan ternyata memakai miniset malah ,membuatku makin nyaman , dan gak risih kalau berpakaian.


Itu adalah salah satu dari beberapa hal yang lain yang aku rasakan di masa pubertas . Dan sampai saat ini aku masih terus belajar mengenali dan memahami tentang perubahan-perubahan yang terus terjadi pada diri aku , baik secara fisik maupun psikis . Aku berusaha untuk enjoy dan happy , terlebih lagi ibuku sangat mendukung dan memberi perhatian lebih dewasa di masa pubertas.


Nah, aku sudah berbagi pengalaman tentang menghadapi masa pubertas yang gembira . Aku yakin kalian juga pasti punya cara sendiri untuk menjalani masa remaja kalian. Aku berharap kita semua gembira menjalani masa pubertas ini

                                                                        

Majalahanakcerdas.com

Majalah Anak Cerdas,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar