Pages

Balon dan Angin


Oleh Naufal Akram
SD Negeri 9 Tapaktuan, Aceh Selatan

Pagi itu, langi cerah. Di halaman rumah, Ian berlari-lari riang. Tangan kanannya memegang ujung tali sebelah atas. Balon bergoyang ke kiri dan ke kanan. Balon itu besar dan berwarna oranye. Di balon itu ada lukisan satu wajah, ada mata dan bibir yang sedang tersenyum. Kata Ian, balon itu seperti matahari. Ian mendapatkan balon itu tadi malam, saat ia, mama dan papa pergi ke pasar malam di halaman kantor kecamatan.

Whuusss!, angin bertiup kencang, balon pun kian bergoyang. Yahuuu, asyik sekali. Seru, balonnya. Kencangkan lagi tiupanmu angina. Angin pun bertiup semakin kencang dan achh, balonya terlepas dari tangan Ian. “ oh”, teiak Ian panic.

Balon terbang ke arah seorang lelaki yang berdiri di tangga. Ia sedang membersihkan jendela rumahnya. “ Pak,  Pak. Tolong tangkap balon itu” teriak Ian.  Lelaki itu dengan cepat menjulurkan tangannya meraih benang balon. Namun, angina bertiup kencang, balon menjauh dari tangkapan lelaki itu.  Kini, balon terbang menuju atap rumah sebelahnya.  Di sana, ada seorang lelaki lain yang sedang memperbaiki genteng. Ian mengejar balon itu.  Ian berseru pada lelaki itu sedang di atas atap rumah. “ Pak, tolong tangkap balon itu”.

Lelaki itu berusah menangkap balon. Dijulurkan tangannya dan tba-tiba angina betiup kencang lagi. Seketika, balon itu menjauh dari tangkapannya. Balon pun terbang menuju masjid di depan rumah. Tergopoh-gopoh Ian berlari mendatangi masjid.

Di menara masjid itu ada sebuah kubah, tampak pula seorang lelaki sedang membersihkan kubah tersebut. “ Pak, tolong tangkap balon itu”. Teriak Ian. Oya, jawab lelaki itu. Kali ini angina tiak bertiup kencang, perlahan-lahan tiupannya menghilang.  Balon mendarat pelan di kubah masjid. Benangnya menyangkut di ujung kubah. Maka, dengan mudah lelaki itu menangkap balon. Ia membawa turun balon itu dari menara dan memberikannya kepada Ian.

“ Terima kasih pak” Ucap Ian senang
Ya, ya!. Jawab lelaki itu.

Ian melangkah pulang. Katanya pada balon, “ Balon, jangan nakal lagi ya!” Aku akan memegang talimu kuat-kuat. Angin tak bisa menerbangimu lagi, seru Ian 

Majalahanakcerdas.com

Majalah Anak Cerdas,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar