Pages

Geliat Kegiatan Literasi di SD Negeri 4 Meureudu



Sahabat POPOT dan Nyanyak yang cerdas. Kali ini POPOT dan Nyanyak ingin mengajak sabahat semua berkunjung ke  Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 Meureudu, Pidie Jaya. Tahukah para sahabat mengapa POPOT dan Nyanyak, mengajak para sahabat berkunjung ke sekolah ini?

Kalau belum tahu, ini saatnya POPOT dan Nyanyak bercerita tentang sekolah SD Negeri 4 yang berada di kota Meureudu, Pidie Jaya, Aceh itu. Di sekolah yang jauh dari kota Banda Aceh ini, ada banyak kegiatan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah, guru dan para muridnya untuk meningkatkan kualitas sahabat-sahabat kita di sekolah itu menjadi sekolah yang terbaik. Mereka bekerja keras memajukan sekolah.

Banyak cara yang sudah dilakukan. Salah satu cara untuk memajukan sekolah adalah dengan menggelorakan dan mengaktifkan gerakan literasi sekolah seperti kegiatan membaca mandiri yang dilaksanakan setiap hari Selasa. Pada setiap hari Rabu ada kegiatan pidato, atau muhadharah, menggambar, zikir dan lain-lain. Kalau setiap hari Kamis, ada kegiatan mewarnai bagi kelas 1,2 dan 3. Sedangkan untuk kelas 4,5,dan 6, menggubah puisi atau pantun. Kegiatan seperti ini sudah berlangsung di SD kami lebih kurang setahun. 

Alhamdulillah sekarang sudah terlihat hasilnya, salah satunya sudah mendapat juara satu cipta pantun se Pidie Jaya. Prestasi ini mulai membahagiakan karena   SD Negeri 4 Meureudu  ini sudah mulai muncul dalam prestasi.  Prestasi ini mendorong pihak sekolah terus aktif meningkatkan mutu pendidikan. Makam setiap hari Jum'at  para murid di SD ini  membaca Yasin bersama dan diteruskan dengan senandung Al-Qur'an serta  bershalawat. 

Untuk meningkatkan ukhuwah,  usai kegiatan di atas, sambil jalan melingkar para murid  bersalaman dengan semua guru dan diiringi alunan shalawat badar yang begitu merdu. Satu persatu tangan berjabat dengan  begitu indahnya di hari yang mulia itu. Dan seusai semua bersalaman semua murid langsung masuk kelas masing-masing. Kemudian pada hari Sabtu diadakan senam bersama dan juga gorong royong membersihkan halaman sekolah sambil memberikan pemahaman literasi kebersihan dengan menjadikan  hari Sabtu bersih. 

Selain itu, semua kegiatan literasi  digelar 15 menit sebelum jam belajar atau 15 meniti sebelum masuk kelas. Begitulah upaya sekolah ini meningkatkan kualitas saat ini.

Majalahanakcerdas.com

Majalah Anak Cerdas,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar